OTP = One True Pairing. Apa itu?

Cinta.
Semua orang setuju cinta adalah dasar dari kehidupan, cinta selalu menarik untuk dibahas dan tidak akan ada habisnya. Cinta selalu ada dalam film, drama, novel, dan berbagai bentuk seni lain, mungkin cinta jadi cerita utama, atau hanya sebagai bumbu pemanis, tapi cinta, tetap ada.
Cinta juga ada di fandom (´ ▽`).。o♡

Fangirl mencintai fandomnya, fangirl mencintai karakter-karakter dalam fandomnya, fangirl juga mencintai karakter yang mencintai karakter lainnya dalam fandom tersebut.

OTP atau One True Pairing, adalah istilah yang digunakan fangirl untuk menyebut pasangan (pairing) favorit mereka.


image credit: 1991530


Banyak alasan kenapa seorang fangirl memuja satu (atau beberapa) pairing. Ada fangirl yang memuja pairing Harry/Ginny (di fandom Harry Potter), Cobb/Mal (di fandom inception) atau Syaoran/Sakura (di fandom Card Captor Sakura). Dalam cerita pairing tersebut sangat serasi, dan saling mencintai, fangirl mungkin menganggap cinta mereka begitu manis dan membuat merinding, itu salah satu alasan kenapa pairing tersebut dipuja.

Tapi ada juga pairing yang dalam cerita sebenarnya bukanlah pasangan. Contohnya Harry/Hermione (Harry Potter), atau Arthur/Ariadne (Inception). Fangirl memuja pairing yang ‘tidak real’ ini karena mereka melihat sesuatu yang tidak tertuang dalam cerita, fangirl merasa bahwa pairing ini cocok satu sama lain, fangirl mungkin cenderung memuja pairing unik ini dibanding pairing dalam cerita aslinya.

Cinta bisa platonic ataupun romantic. Persahabatan antara nezumi/shion (fandom no.6) juga salah satu OTP yang banyak digemari. Mmm.. well.. nezumi/shion relationship is romantic, me think (_´ω`)
Nah.. disinilah menariknya.. dasar dalam OTP: Cinta tidak memandang gender.

(maaf, tulisan ini tidak dibuat untuk menyinggung siapapun, aku membahas topik ini hanya untuk berbagi, tanpa maksud lain)

Pairing lain? banyak. Salah satu OTP terbesar adalah Harry/Draco (Harry Potter) dan Eames/Arthur (Inception). Itu dalam cerita fiksi, bagaimana dengan fandom boyband/rockband?

Well.. love is everywhere. Persahabatan antara member justru menjadi bahan bakar untuk menciptakan sebuah OTP. Yang tadinya platonic jadi romantic. Apapun tidak akan bisa menghalangi fangirl untuk menciptakan OTP-nya. Ada Eunhyuk/Donghae di Super Junior atau Eli/Kevin di UKISS. Salah satu OTP dalam L’Arc~en~Ciel adalah hyde/tetsuya. OTP ini cukup populer karena fangirl banyak melihat “sesuatu” diantara keduanya, hehe.

See? to outsiders fangirl are weird, hehe, ini karena sudut pandang mereka yang berbeda. Menurutku pribadi, itu bukan masalah, adalah hak pribadi masing-masing untuk memiliki nilai-nilai tertentu.
We just having fun, memiliki OTP adalah hal menyenangkan yang bisa menghibur, OTP akan selalu ada di setiap fandom, seperti asap yang selalu menyertai api, tidak akan hilang.

Temen-temen punya OTP? gemana pendapat kalian?

Baca juga yang ini:

the list of my OTP: Top 5
hyde/tetsuya fanfiction by futsu

24 thoughts on “OTP = One True Pairing. Apa itu?

  1. oh itu toh arti dari OTP.. terima kasih infonya sekarang saya sudah paham.. OTP fav saya ShinRan (detective conan), FangYing(BoboiBoy), BoboiBoyYaya/Hana(BoboiBoy), SyaoSaku(CardCaptorSakura)

  2. OTP favorit saya sih.. YuuNoa (Owari no Seraph) sama HinaYachi (Haikyuu!!) X3
    Kalau pairing.. Meski ga canon, HinaNami (Danganronpa) :3

  3. Seneng kalo nemu temen yang hobby fangirlingan juga. Jadi kalo yg nama nya OTP itu pada ngarti.
    Saya fans CRACK pairing, Lightning (Final fantasy xiii) x Noctis (Final fantasy xv) walau beda game dan mereka gak ada hubungan apa pun, tapi tetap imajinasi saya tentang cerita cinta mereka (Headcanon) akan selalu menggebu di benak ini.

    Walau emang irang banyaj sih mengira kalau saya orang gila yang hobi ketawa ketiwi sendiri di angkutan umum, ya mau gimana lagi, ini udah naluri sih XD

  4. Destiel?? Anyone???? Cman aku? Yaudahlah ya
    Dean/castiel forever😍😍😍(supernatural)

What do you think?