Today’s Lunch: Mushiro

Akhirnya aku ke Mushiro juga.

Ini pertama kalinya aku ke Mushiro lagi sejak lokasinya pindah ke Jl. Alamanda no.2 Jogja. Lokasi-nya mudah ditemukan, di depan Sup Buah Ling-Ling. Yang kurang adalah design-nya. Terkesan “sederhana”, mungkin karena Mushiro menempati bangunan bekas rumah, jadi penataannya nggak bisa maksimal. Tapi nggak masalah, terbayar kok dengan menu enak (:

Untuk menu makan siang kita butuh menu “berat” yang mengenyangkan, akhirnya pilihan jatuh kepada Ojinge Dosirak, Bullbak BBQ, dan yang nggak boleh ketinggalan, Topoki, kali ini mari kita coba Jajang Topoki. Minumnya Lemon Cha aja, biar seger.


Dosirak adalah menu nasi lengkap dengan beragam lauk, disajikan bersama di kotak nasi. Mm.. kalau istilah jepangnya Bento, kalau di Indonesia Nasi Kotak-lah ;) Ojinge sendiri berasal dari kata “ojingae” yang berarti cumi-cumi.

Ojinge Dosirak terdiri dari nasi, tumis cumi-cumi dengan saus gochujang yang dilengkapi dengan irisan bawang bombay, daun bawang, dan cabai. Selain itu ada kimchi pancake, telur dadar, kimchi, dan sepotong semangka sebagai dessert. It’s super delicious! Sausnya mantep banget, pedes nikmat. Kimchi pancake-nya juga yahud, agak crispy di pinggirannya, tapi sayang porsinya cuma seuprit (seingatku dulu porsinya lebih banyak deh). Ada juga telur dadar berbentuk hati, it’s so cute, I love it.

Selanjutnya Bullbak BBQ. Menu ini mirip sama Ojinge Dosirak, nasi kotak dengan menu lengkap. Bullbak BBQ terdiri dari tumis ayam dengan saus (barbeque? gochujang?) yang pedes dan finger licking good, ada irisan brokoli, wortel, daun bawang, dan cabai jadi semakin nikmat. (Darn, sepertinya aku harus nyari resep saus ini, enak banget!). Selain itu ada kimchi pancake, roast potato dan sepotong semangka sebagai dessert.


Lalu aku masih punya Jajang Topoki. Kue beras disajikan dengan saus Jjajang (salty black soybean paste). Rasanya? bolehlah.. Bagi yang sudah terbiasa dengan cita rasa masakan korea pasti doyan, bagi yang belum cobain dulu topoki reguler, lebih nikmat di lidah.

Perut kenyang, hati riang, gemana kalau beli oleh-oleh? Hehe, ada satu sajian Mushiro yang patut dibawa pulang, it’s Kimchi. Yup, Mushiro menjual kimchi dalam porsi besar. Setengah kilo kimchi harganya 30.000 IDR, satu kilo kimchi 50.000 IDR. Saranku kalau mau beli agak banyak sebaiknya pesan dulu, takutnya stock-nya nggak ada.

Sudah terbayang ni enaknya makan kimchi.. Aku pengen bikin nasi goreng kimchi (Kimchi Bokkeumbab), resepnya bisa dilihat di site favoritku Beyond Kimchi atau Maangchi. Memasak makanan korea itu tidak sesulit yang dibayangkan lho, jadi patut dicoba.

Wah.. makan siang hari ini bener-bener Joss :D

Mushiro
Fussion Korean Food (085 222 3203 888)
Thumbs Up: It’s finger licking good.
Thumbs Down: Menu kurang beragam, aku pengen makan Japchae..
Rated: 4/5

Baca juga yang ini:

What do you think?

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s