The Casual Vacancy

image

So, Voldemort is dead, Harry Potter live happily ever after, lives goes on. Dan kini JK Rowling kembali dengan novel dewasa pertamanya! Sudah lama aku nggak baca buku bagus, dan novel setebal 593 halaman ini mengingatkan kembali betapa asyiknya membaca. Thanks Jo :)

Casual vacancy bercerita tentang perebutan kursi dewan kota di kota kecil Pagford. Di halaman-halaman awal aku sempet bingung sama ‘feel’ cerita ini, banyaknya tokoh ngebikin aku bingung, mana protagonist dan mana antagonistnya. Tapi semakin lama aku semakin tenggelam dalam alurnya. Semakin lama semakin penasaran, apa yang akan terjadi pada Krystal, kenapa Howard begitu mencintai Pagford?

Terus aku sadar, nggak ada tokoh utama dalam novel ini, setiap tokoh yang ada di dalam novel ini adalah tokoh utamanya, seperti hidup, setiap manusia adalah tokoh utama dalam kehidupan. Dan hebatnya, Jo menggambarkan bahwa manusia tidak bisa digolongkan menjadi hitam dan putih, orang jahat dan orang baik. Nggak ada tokoh yang bener-bener baik dan nggak ada tokoh yang bener-bener jahat. Jo menceritakan latar belakang setiap tokoh, membuat pembaca mengerti dan memahami sifat dan perilaku mereka. Semua tokohnya hanya manusia biasa, dengan penampilan fisik apa adanya.

Efek-nya buatku: aku nggak punya tokoh favorit. Positifnya aku jadi lebih objektif menilai apa yang terjadi di Pagford. Dan akhirnya saat halaman terakhir selesai di baca, aku cuma bisa duduk diam, galau dan bingung, menyayangkan kebodohan manusia. Novel ini begitu membekas, ceritanya sederhana tapi ngebikin ku mikir tentang kehidupan.

The Casual Vacancy sudah memenangkan beberapa awards, dan rencananya stasiun tv BBC akan mengangkat novel dalam sebuah drama televisi. Hmm, sepertinya JKRowling sudah pada tahap dimana apapun yang dia ciptakan akan menghasilkan ketenaran, and more money, hehe.

Semoga Jo nggak berhenti menulis.

Rating buat novel ini? 4/5.

What do you think?

